Pilih SMM Atau SMO Untuk Jalur Bisnis Melalui Social Media

Sekilas Penjelasan Sosial Media

Sosial media merupakan suatu cara promosi melalui media digital. Sosial media digunakan untuk membangun keterikatan dengan konsumen (engagement). Juga, sosial media memiliki fitur-fitur unik yang memungkinkan terjadinya percakapan untuk membentuk word of mouth (dari mulut ke mulut) dengan mengklik tombol Share, Like dan Re-tweet (contohnya seperti yang terdapat pada Facebook dan Twitter). Dengan melakukan mention dan tag kepada teman di sosial media, kita juga dapat berbagi informasi dan opini.
Sosial media tersebut menawarkan fitur-fitur menarik dan bahkan dapat menjangkau lebih banyak wilayah dengan waktu yang lebih cepat ketimbang menggunakan media konvensional.
Sosial media memiliki pengertian sebagai interaksi sosial antara manusia dalam bertukar informasi. Informasi dapat berupa gagasan dan berbagai macam konten dalam komunitas virtual. Selain itu sosial media juga diartikan sebagai aplikasi berbasis internet yang dibangun atas dasar ideologi dan teknologi web versi 2.0 yang memungkinkan terciptanya website yang interaktif.

Ciri Sosial Media

Sosial media memiliki karakteristik yang unik, diantaranya adalah :
  1. Transparan: bersifat terbuka terhadap segala informasi. Sosial media bertujuan untuk menyebarkan informasi agar diketahui publik baik oleh individu atau kelompok sosial.
  2. Terdapat dialog: selebritis, brand bisnis atau perseorangan dapat menjalin hubungan dan komunikasi interaktif dengan para followernya. Terutama bila anda adalah pemilik sebuah bisnis, semakin cepat respon yang anda tunjukkan, maka calon konsumen akan semakin menyukai produk dan pelayanan yang anda berikan.
  3. Jejaring sosial: sosial media memiliki hubungan antara pengguna seperti jaring laba-laba yang terhubung satu dengan yang lainnya serta mereka dapat saling berkomunikasi dan menjalin pertemanan. Sebuah komunitas di jejaring sosial memiliki peranan yang sangat kuat dalam mempengaruhi audiensenya.
  4. Multi opini: setiap orang dapat mengungkapkan pendapatnya dan berargumentasi dengan pengguna lainnya secara interaktif.
  5. Multi form: bentuk sosial media sangat beragam dan terdiri atas banyak channel atau kanal seperti video, portal web, social media press release dan sebagainya.
  6. Memiliki kelebihan sebagai media promosi online: sosial media memiliki tools atau fitur yang dapat memunculkan peluang dalam mewujudkan visi dan misi sebuah kelompok atau organisasi.

Lalu,Sekarang Apa itu Social Media Marketing?

Saat ini semakin banyak produsen atau pelaku bisnis tidak hanya memiliki blog atau website namun juga memiliki akun Twitter, Facebook, Instagram, Pinterest dan lain – lain untuk memperkenalkan produk atau menjalin komunikasi demi peningkatan mutu pelayanan dan penjualan.
Mereka selama ini yang hanya memiliki website atau blog menyadari bahwa komunikasi yang baik tidak hanya terjalin melalui hubungan satu arah, namun hubungan timbal balik. Melalui sosial media yang mereka miliki, mereka dapat mengetahui yang hal yang sangat penting yang ingin didapat oleh konsumen mereka serta masukan yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan mutu produk dan pelayanan.
Karakteristik yang ada dalam sosial media dan fitur-fiturnya dapat digunakan sebagai media promosi, baik promosi sebuah produk, komunitas, aktifitas sebuah individu dan sebagainya.

Apa Alasan Harus Memiliki Sosial Media?

Ada beberapa alasan penting yang harus Anda ketahui mengapa perlu memiliki sosial media meskipun Anda telah memiliki website bisnis. Berikut adalah 5 alasan mengapa anda membutuhkan sosial media sebagai media promosi.
  1. Memberitahu kepada khalayak atau publik bahwa Anda memiliki bisnis yang sedang Anda jalankan. Pemberitahuan ini terutama bertujuan untuk menambah jumlah follower atau target pemasaran juga memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas dan biaya yang relatif lebih murah.
  2. Melalui sosial media yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui kesan pelanggan atas barang atau jasa yang anda tawarkan secara online. Hal ini sangat baik untuk memperoleh feedback yang cepat sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas serta dapat mengantisipasi bila terdapat komentar negatif yang dapat merusak reputasi Anda dan bisnis Anda. Anda juga dapat merespon komentar positif dengan mengucapkan terima kasih telah menggunakan produk Anda sehingga testimoni pelanggan dapat tersebar dan dibaca oleh calon konsumen yang baru.
  3. Sosial media menawarkan komunikasi lebih interaktif dengan follower atau pengguna produk Anda.
  4. Iklan konvensional lebih mahal daripada iklan di sosial media. Di sosial media Anda dapat menentukan durasi waktu iklan, jangkauan dan berapa follower yang Anda inginkan sesuai budget yang dimiliki. Misalnya Facebook dengan aplikasi boosting page atau post.
  5. Sosial media menawarkan kepada Anda kemudahan untuk meluncurkan produk baru atau memberitahukan upgrade produk yang Anda sedang pasarkan. Anda dapat mengundang pelanggan untuk mencoba produk baru tersebut sekaligus memberikan feedback yang dapat menarik follower lainnya untuk mencoba hal yang sama. Bahkan anda dapat menawarkan hadiah atau rewards khusus bila ada follower sebelumnya dapat mengajak follower baru untuk mencoba produk tersebut.
Demikianlah penjelasan tentang kelebihan menggunakan digital marketing dan mengoptimalkan sosial media sebagai sarana pemasaran.
Anda tertarik untuk memulai memakai social media sebagai alat penghasil uang atau meningkatkan kunjungan terhadap trafic website anda tapi anda bingung harus memulai dari mana? langsung saja memulai DARI SINI 
BACA JUGA :
  • Manfaat SEO,SEM,SMM,SMO Untuk Berjualan Melalui Media Digital
  • Biaya Jasa Social Media Marketing Admin 

Pages