Untuk mereka yang baru menjelejahi dunia digital marketing seringkali dibuat keliru
dengan istilah SEO dan SEM karena sekilas memang terdengar hampir sama.
Dan kedua cara itupun dipakai untuk meningkatkan brand awareness dan trafik secara
online. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan di antara kedua metode ini
yang perlu Anda perhatikan.
Penjelasan Search Engine Optimization (SEO)?
Sebenarnya secara esensial, Search Engine Optimization termasuk ke
dalam bagian Search Engine Marketing. SEO di sini berperan untuk
menaikkan peringkat sebuah website di halaman mesin pencari melalui
pencarian organik; yaitu dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di
dalam website Anda.
Ada dua komponen utama dari SEO:
1. On-page Optimization
On-page SEO (atau on-site SEO) adalah semua pengaturan yang Anda
aplikasikan langsung pada situs atau blog Anda agar lebih ramah mesin
pencari. Contoh penerapannya seperti penggunaan kata kunci pilihan ke
dalam tag dan meta description, format URL yang baik, penggunaan yang
tepat dari heading (H1, H2, dst), optimasi gambar, kecepatan loading
situs, dan masih banyak lagi.
2. Off-page Optimization
Off-page SEO lebih mengarah kepada aktifitas promosi yang terjadi di
luar website Anda yang bertujuan untuk mengangkat reputasi situs Anda di
mesin pencari. Sederhananya, coba bayangkan ini seperti sistem ranking
dimana website yang paling banyak divoting berada di posisi yang paling
tinggi. Voting di dalam konteks ini adalah banyaknya jumlah link yang
datang dari luar ke situs Anda; baik dari website lain, social
bookmarking, social sharing, dan lainnya.
Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?
Seperti SEO, Search Engine Marketing juga digunakan sebagai strategi
untuk mempromosikan situs Anda dengan meningkatkan visibility pada hasil
mesin mencari melalui optimasi dan periklanan. Tetapi, untuk itu Anda
perlu mengeluarkan sejumlah uang. SEM biasanya meliputi pay-per-click
(PPC) melalui Google Adwords atau Bing Ads dan iklan berupa banner yang
dipasang di situs-situs yang berkaitan, biasanya juga dikombinasikan
dengan SEO.
Mana yang sebaiknya digunakan terlebih dahulu?
Sekarang Anda sudah tahu penjelasan antara SEM dan SEO. Pasti
Anda mulai bertanya-tanya, metode mana yang harus diterapkan duluan?
Ataukah sebaiknya langsung menggunakan keduanya sekaligus?
SEM sendiri memiliki keunggulan dalam mendatangkan trafik ke situs
Anda dengan instan, sedangkan untuk SEO perlu waktu lama agar peringkat
website Anda bisa naik. Jika Anda ingin mempromosikan sebuah situs yang
baru diluncurkan, SEM dapat menjadi pilihan yang bagus untuk Anda.
Namun, untuk jangka panjang, implementasi SEO yang baik dapat membantu
kredibilitas situs Anda dengan biaya yang lebih sedikit tentunya.
Pada akhirnya semua kembali kepada kebutuhan bisnis Anda dan
banyaknya budget yang tersedia. Apapun metode yang Anda pilih, perlu
diingat bahwa tujuan dari kedua teknik ini adalah bagaimana Anda
mendapatkan jumlah trafik yang relevan dan berkualitas ke situs Anda.
BACA JUGA :
- Istilah Yang Digunakan Dalam Digital Marketing
- Mengoptimalkan Sosial Media Untuk berjualan
- Biaya Jasa Digital Marketing Organik Profesional